Selasa, 10 Mei 2011

Profil Sekolah


Visi Sekolah
Terwujudnya Peserta didik Cerdas, Berbudi Pekerti, Disiplin dan  Tanggap 
serta peduli lingkungan dilandasi Iman dan Taqwa
B.     Misi Sekolah      :
1.    Wahana transpormasi ilmu pengetahuan
2.    Pusat layanan msyarakat dalam bidang pendidikan
3.      Memupuk bakat dan keterampilan terpadu dalam menjembatani pencapaian karier siswa
4.      Menciptakan sekolah berwawasan lingkungan
5.      Peduli pada pembentukan budi pekerti luhur

Tujuan Sekolah
1. Tujuan Sekolah Jangka Panjang
1.1.     Meningkatnya kinerja, performa, kualifikasi, dan profesionalisme guru dan pegawai dalam pelaksanaan tugas agar tercipta lingkungan dan iklim kerja yang kondusif dan harmonis mencapai standar proses  , standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran untuk mencapai standar kompetensi lulusan
1.2.     Terlaksananya proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan  untuk optimalisasi pencapaian kompetensi peserta didik, sesuai dengan ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik .
1.3.     Terlaksananya manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dengan partisipasi aktif keluarga sekolah  dan stake holder menuju standar pendidik dan tenaga kependidikan sebagai kriteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan
1.4.     Terciptanya sekolah yang rindang , indah, asri, aman dan sehat,  mengacu pada standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi, serta sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
1.5.     Memiliki peserta didik dan lulusan yang berprestasi baik akademik maupun non akademik. Sesuai standar kompetensi lulusan atau kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 
1.6.     tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan.yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan  pengawasan kegiatan pendidikan .
1.7.     standar pembiayaan  yang mengatur komponen dan besarnya biaya operasional sekolah terpenuhi
1.8.     Mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik. sesuai dengan standar penilaian pendidikan
1.9.     Membentuk  karakter peserta didik yang positif,  berbudi pekerti luhur, berdedikasi, kreatif dan inovatif
1.10.  Membangun diri mencapai target Sekolah Standar Nasional ( SSN )
1.11.  Memberikan bekal keterampilan kecakapan hidup dan menjembatani pencapaian karier

2. Tujuan Jangka Menengah ( lima tahun kedepan )
Pada akhir tahun ajaran 2014/2015 :
1.1.     Peserta Didik
2.1.1.    Perlayanan bimbingan bagi peserta didik yang memerlukan perlakuan khusus berjalan optimal, terarah, dan berkesinambungan.
2.1.2.    Pengembangan diri untuk penelusuran bakat dan kemampuan peserta didik berjalan optimal, terarah dan terpadu.
2.1.3.    Manajemen peserta didik dilaksanakan lebih professional dan proporsional.
2.1.4.    Prosentase kehadiran peserta didik 100%
2.1.5.    Angka drop out 0%
2.1.6.    Angka mengulang 0%
2.1.7.    80% peserta didik melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
2.1.8.    Memiliki peserta didik yang memiliki prestasi ke tingkat propinsi dan nasional
2.1.9.    Adanya peningkatkan nilai KKM
2.1.10. Nilai UN dan US meningkat minimal di atas rata-rata standar kelulusan
2.1.11. Prosentase kelulusan 100%
1.2.        Kurikulum dan Pembelajaran
2.2.1.    Sekolah memiliki kurikulum permanen yang valid.
2.2.2.    Silabus dan RPP untuk semua mata pelajaran dibukukan secara rapi
2.2.3.    Pelaksanaan pembelajaran di kelas menggunakan metode dan model pembelajaran PAKEM.
2.2.4.    Guru memiliki administrasi penilaian hasil belajar dalam bentuk portopolio
2.2.5.    Manajemen pembelajaran terlaksana secara efektif dan efisien
2.2.6.    Rasio buku pelajaran peserta  didik dengan buku peganagan guru 40:1
2.2.7.    Setiap guru mampu melakasanakan PTK untuk meningkatkan mutu pendidikan
2.2.8.    Sekolah menyelenggarakan program pendidikan keterampilan dan kecakapan hidup secara terpadu dan berkesinambungan
2.2.9.    Kegiatan ekstrakulikuler berjalan dengan baik sebagai alat untuk membina bakat dan kemampuan peserta didik.
2.2.10.  Pemberdayaan perpustakaan dalam upaya menunjang kegiatan pembelajaran berjalan optimal.
2.2.11.  Kehadiran guru di atas 95%
2.2.12.  Siswa menggunakan sarana IT dalam kegiatan pembelajaran.
2.2.13.  Penilaian berbasis kelas dan berkesinambungan dilaksanakan pada semua mata pelajaran.
1.3.        Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
2.3.1.    100% guru S1
2.3.2.    Semua guru mengikuti sertifikasi dan lolos sertifikasi
2.3.3.    90% Guru mengajar sesuai bidang studi dan kelayakaannya
2.3.4.    Memiliki tenaga pendukung yang professional di bidangnya.
2.3.5.    Pembinaan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan secara berkala dan berkesinambungan.
2.3.6.    Semua tenaga pendidik dan kependidikan mengikuti pelatihan peningkatan materi pengetahuan
2.3.7.    Kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan meningkat
2.3.8.    Sekolah mampu memberikan penghargaan yang sepadan kepada keluarga SMPN 1 yang berprestasi mengangkat citra sekolah.
2.3.9.    Sekolah berani memberikan sanksi administrasi sepadan kepada keluarga SMPN 1 Jiput yang tidak mampu menegakkan disiplin kerja.
2.3.10. Semua Guru mampu mengoperasikan komputer dan menggunakan IT pada kegiatan pembelajaran.
1.4.        Sarana dan Prasarana
2.4.1.    Memiliki sarana dan prasarana sekolah yang representative dari kualitas dan kuantitas baik diruang kelas, guru, kepala sekolah,dan tata usaha
2.4.2.    Memiliki tempat parkir yang dapat menampung 200 kendaraa R2 dan 4 kendaraan R4 yang tertib dan aman.
2.4.3.    Memiliki panggung terbuka yang permanen untuk berbagai kegiatan
2.4.4.    Toilet peserta didik memiliki standar kesehatan
2.4.5.    Sekolah memiliki ruang laboratorium computer 1 anak 1 computer
2.4.6.    Tersedianya sarana pembelajaran mata pelajaran TIK dan penguasaan IT
2.4.7.    Sekolah memiliki ruang sektretarit pramuka
2.4.8.    Memiliki taman sekolah yang asri
1.5.        Keuangan dan Pembiayaan dan Pendanaan
2.5.1.    Segala kebutuhan pembiayaan sekolah dapat terpenuhi
2.5.2.    Alokasi dana untuk peningkatan mutu pendidikan meningkat
2.5.3.    Meningkatkan anggaran untuk program peningkatan mutu guru
2.5.4.    Pemberian beasiswa peserta didik lebih banyak
2.5.5.    RKAS selalu direalisasi dengan baik
2.5.6.    Adanya peningkatan RKAS
2.5.7.    Manajemen keuangan dikelola professional dan akuntable.
1.6.        Lingkungan dan Budaya Sekolah
2.6.1.    Memiliki lingkungan sekolah yang rindang, indah dan teduh
2.6.2.    Taman sekolah dapat dijadikan sarana pembelajaran untuk menambah pengetahuan peserta didik mengenai nama-nama ilmiah tanaman yang terdapat di sekitar lingkungan sekolah
2.6.3.    Sekolah memiliki tempat pengelolaan sampah terpadu yang dilakukan oleh peserta didik sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan pengolahan sampah.
2.6.4.    Semua warga sekolah menyadari dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat.
2.6.5.    Peserta didik lebih mengetahui dan dapat mengelompokkan jenis-jenis tanaman hias, tanaman produktif, tanaman peneduh dan apotek hidup, serta sekolah dapat memanfaatkan tanaman tersebut berdasarkan fungsinya
2.6.6.    Pemeliharaan tanaman yang sudah ada dilakukan secara terarah dan terpadu
1.7.        Peran Serta Masyarakat
2.7.1.    Adanya keterlibatan secara optimal dari orang tua dalam penyusunan program sekolah
2.7.2.    Komite sekolah lebih memahami perannya agar dapat memberikan kontribusi yang optimal.
2.7.3.    Memiliki komposisi komite sekolah yang ideal
2.7.4.    Komite sekolah optimal dalam melakukan pengontrolan
2.7.5.    Komite sekolah optimal dalam melakukan penghubung
2.7.6.    Komite sekolah optimal dalam melakukan fasilitator
2.7.7.    Adanya peran serta masyarakat dalam pengembangan sekolah
2.7.8.    Hubungan sekolah dengan masyarakat berjalan baik
2.7.9.    Pemberdayaan alumni SMP Negeri 1 Jiput
1.8.        Administrasi dan Manajemen Sekolah
2.8.1.    Administrasi sekolah tertata dengan rapi dan data-data pendukung dikelola dengan system digital.
2.8.2.    Memiliki Tata tertib yang baku yang mengikat semua warga sekolah.
2.8.3.    Program kerja sekolah tersusun rapi, proporsional dan rasional.
2.8.4.    Program kerja kepala sekolah tersusun rasional  
2.8.5.    Memiliki program dan pelaksanaan Evaluasi kerja yang jelas.
2.8.6.    Pembinaan terhadap guru dilaksanakan secara berkala, berkesinambungan, terarah dan terpadu.
2.8.7.    Pengembangan sekolah melibatkan semua pihak
1.9.        Organisasi dan Kelembagaan
2.9.1.    Dokumen dan bagan sekolah tertata baik, rapi, dan indah
2.9.2.    Peraturan khusus selalu ada
2.9.3.    Kerjasama antar rekan kerja hangat, harmonis, akrab.
2.9.4.    Kerjasama dengan stakeholder terjalin baik.
2.9.5.    Kesejahteraan guru dan karyawan lain meningkat

2.   Tujuan Jangka Pendek ( Tahun ajaran 2010/2011 ).
2.1.  Kurikulum dan Pembelajaran
3.1.1.    Meningkatkan keterampilan  dan metode pembelajaran .
3.1.2.    Terselenggaranya kegiatan MGMP rumpun mata pelajaran di sekolah
3.1.3.    Terpenuhinya kebutuhan buku-buku penunjang berbagai metode pengajaran dan model pembelajaran
3.1.4.    Terselenggaranya  PTK mata pelajaran yang di UN-kan
3.1.5.    Portopolio peserta didik tersusun dalam satu wadah.
3.1.6.    Jadwal pelajaran tersusun secara sistematis dan mudah dimengerti.
3.1.7.    Kebutuhan media pembelajaran terpenuhi dan memadai baik kualitas maupun kuantitasnya.
3.1.8.    Sumber pembelajaran terpenuhi secara bervariasi baik kualitas maupun kuantitasnya.
3.1.9.    Penyelenggaraan pendidikan keterampilan kecakapan hidup bagi peserta didik kelas VIII dan IX

2.2.  Administrasi dan Manajemen Sekolah
3.2.1.    Administrasi sekolah tertata dengan rapi dan data-data pendukung dikelola dengan system digital.
3.2.2.    Memiliki Tata tertib yang baku yang mengikat semua warga sekolah.
3.2.3.    Program kerja sekolah tersusun rapi, proporsional dan rasional.
3.2.4.    Program kerja kepala sekolah tersusun rasional  
3.2.5.    Memiliki program dan pelaksanaan Evaluasi kerja yang jelas.


2.3.  Organisasi dan kelembagaan
3.3.1.   Dokumen dan bagan sekolah tertata baik, rapi, dan indah
3.3.2.   Peraturan khusus selalu ada
3.3.3.   Kerjasama antar rekan kerja hangat, harmonis, akrab.
3.3.4.   Kerjasama dengan stakeholder terjalin baik.
3.3.5.   Kesejahteraan guru dan karyawan lain meningkat

2.4.  Sarana dan Prasarana
3.4.1.    Memiliki sarana dan prasarana sekolah yang representative dari kualitas dan kuantitas baik diruang kelas, guru, kepala sekolah,dan tata usaha
3.4.2.    Memiliki tempat parkir yang dapat menampung 200 kendaraa R2 dan 4 kendaraan R4 yang tertib dan aman.
3.4.3.    Memiliki panggung terbuka yang permanen untuk berbagai kegiatan
3.4.4.    Toilet peserta didik memiliki standar kesehatan
3.4.5.    Sekolah memiliki ruang laboratorium computer 1 anak 1 computer
3.4.6.    Tersedianya sarana pembelajaran mata pelajaran TIK dan penguasaan IT
3.4.7.    Sekolah memiliki ruang sektretarit pramuka
3.4.8.    Memiliki taman sekolah yang asri

2.5.  Pendidik dan Tenaga Kependidikan
3.5.1.     70% Guru mengajar sesuai bidang studi dan kelayakaannya
3.5.2.     Memiliki tenaga pendukung yang professional di bidangnya.
3.5.3.     Pembinaan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan secara berkala dan berkesinambungan.
3.5.4.     Semua tenaga pendidik dan kependidikan mengikuti pelatihan peningkatan materi pengetahuan
3.5.5.     Kesejahteraan tenaga pendidik dan kependidikan meningkat
3.5.6.     Sekolah mampu memberikan penghargaan yang sepadan kepada keluarga SMPN 1 yang berprestasi mengangkat citra sekolah.
3.5.7.     Sekolah berani memberikan sanksi administrasi sepadan kepada keluarga SMPN 1 Jiput yang tidak mampu menegakkan disiplin kerja.
3.5.8.     Semua Guru mampu mengoperasikan komputer dan menggunakan IT pada kegiatan pembelajaran.
2.6.  Pembiayaan dan pendanaan
3.6.1.    Pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah meningkat.
3.6.2.    Terdapat  partisipasi masyarakat dalam pembiayaan dan pendanaan program sekolah tersebut
3.6.3.    RKAS tersusun dengan baik dan benar.
2.7.  Peserta Didik/ Kepeserta didikan
3.7.1.    Prestasi peserta didik dan sekolah meningkat
3.7.2.    Sistem penjaringan peserta didik berprestasi  berjalan baik.
3.7.3.    Sistem  seleksi peserta didik terlaksana terarah dan terpadu.
3.7.4.    Kualitas bimbingan dan penyuluhan meningkat.
2.8.  Peran serta Masyarakat
3.8.1.    Program kehumasan tertata jelas dan rasional.
3.8.2.    Komite sekolah terbentuk dengan peran serta yang optimal.
3.8.3.    Program sekolah dan peran komite tersosialisasikan.
3.8.4.    Hubungan sekolah dengan komite harmonis.
3.8.5.    Komite sekolah berperan dalam  menjalankan program sekolah
3.8.6.    Pertemuan sekolah dengan komite sekolah terjalin.
3.8.7.    Kerjasama dengan lembaga masyarakat terjalin
3.8.8.    Tatap muka antara pihak sekolah dengan alumni terlaksana.
2.9.  Lingkungan dan Budaya Sekolah
3.9.1.    Selasainya pembuatan taman sekolah
3.9.2.    Selesainya pembuatan papan identifikasi tanaman
3.9.3.    Selesainya pembuatan tempat sampah organik dan anorganik pada tiap lokal
3.9.4.    Selesainya pembuatan gantungan alat-alat kebersihan pada tiap lokal
3.9.5.    Terlaksananya program penilaian K3 pada tiap kelas secara berkelanjutan
3.9.6.    Tersedianya jenis-jenis tanaman hias, tanaman produktif, tanaman peneduh dan apotek hidup
3.9.7.    Terlaksananya pemeliharaan tanaman secara berkelanjutan
3.9.8.    Tersedianya slogan (imbauan dalam bentuk baliho).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar